Minggu, 02 Juni 2013

Firefox : Merubah Startpage pada New Tab

Selamat Malam sobat blogger..
Menjamur gini blog saya, maklum tidak sempat buat update postingannya :-D lagi belajar jadi orang sibuk nih masbroooo.....
Yup, kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu yang mungkin banyak dari blogger yang sudah tahu, tapi kan tidak semua yang punya blog tahu kan? Jadi tidak apalah buat menambah posting saya :-)
Ehm, sesuai judul. Ini berhubungan dengan Mozilla Firefox. Pasti tahu kan yang namanya Firefox? Fire itu api, fox itu rubah,, jadi firefox adalah api rubah :lol: yup, itu hanya lelucon garing.... Lanjut ke topik yang kemarin, eh yang tadi masbrooo...
Pada Mozilla Firefox kan ada tuh masbro gambar + ( tambah ), nah itu berguna untuk menambah jumlah tab atau apa ya nama lainnya, pokoknya itulah. Dengan membuka tab baru, kita tidak perlu repot - repot membuka banyak firefox yang nantinya juga untuk browsing lagi, lagi dan lagi. Entah browsing apa, yang jelas itu privasi Anda :-)
Untuk malam ini, saya akan berbagi ilmu mengenai cara merubah tampilan new tab supaya tidak hanya blank putih begitu saja. Biar lebih ada taste :-D Di gambar di atas, new tab saya itu saya ganti dengan url google masbro, soalnya males saja kalo harus klik gambar rumah mulu (homepage awal sudah saya ganti URL google juga). Langsung ke tutor singkat dari saya yakk.. Mongggo .......
Pertama, buka dulu Mozilla Firefox pastinya (yang di oprek firefox masak mau buka chrome)
Terus, ketikan "about:config" tanpa tanda kutip pada tempat link (lupa saya apa namanya, pokoknya yang ada linknya itu lho, misal http://google.co.id , dsb)


Nah, nanti akan muncul pesan konfirmasi dari firefoxnya. Seperti gambar berikut:


Klik pada "Saya berjanji akan berhati - hati!", emang bahaya sih buka pengaturan ini. Tapi kalau tidak di coba, Anda tidak akan bisa merasakan errornya Browser Anda :-D Oke.. Lanjuttt....
Setelah Anda klik, akan muncul halaman "about:config" secara keseluruhan. Seperti berikut:


Oke, sampai disini sudah paham? lanjuttt dahhh....
Setelah itu, klik textarea sebelah Cari. Bisa juga dengan menekan Ctrl+F pada keyboard Anda masing - masing, ada keyboardnya kan? Jangan minjam ke tetangga dulu (-_-"
Oke, sudah?
Ketikan "newtab.url", dan akan muncul seperti berikut:


Disini saya sudah menggantinya dengan URL mbah Google, alasan sudah ada di atas yaakkk..
Klik 2x atau Klik kanan mouse Anda, lalu pilih Ubah. ( Mouse mau minjem juga? Astaga...... (-_-" ). Dan ganti URLnya sesuai keinginan Anda. Bukan berarti bisa di isi mengarang bebas ya,, harus sesuai link web yang ada. Paling juga link FB, Twitter, sama Google yang di pake' :-D
Lalu klik OK, selesai

Maaf gambarnya saya kecilkan, soalnya terlalu memakan tempat kayak badan saya :-D
Yup, demikian tutorial singkat yang dapat saya sampaikan ( singkat? muke gile... gak keriting tuh tangan??). Aish, biasa aja kali....
Mudah - mudahan bermanfaat yakk,,
Terima kasih :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar