Sabtu, 05 Mei 2012

Android : Root ICS 4.0.3 Official Xperia 2011


Selamat malam sobat blogger. . .
Lama saya tidak pernah posting di blog ini, maklum sibuk jadi artis ( apa!!!! artis??? -_-" )

Kali ini, saya akan membahas hal baru di dalam blog Pangeran Kodok. Sebelum - sebelumnya belum ada soalnya. Saya akan membahas mengenai Android Phone ( bener nggak yah android phone?? :hammer ). Ya, OS yang beberapa tahun ini menjadi saingan berat BB ( Bl*ckberry ) dan Apple ( Iph*ne ).

Saya sebenarnya masih bisa dibilang newbie di bidang android, karena masih menjadi sebagai penikmat dari oprek'an mastah - mastah yang sudah terlebih dahulu menekuni bidang android. Berhubung handphone saya termasuk kategori android, maka saya pun juga jadi tertarik untuk mengupgrade maupun mengganti - ganti isi dari OS bawaan android ( bahasa ilmiah androidnya saya tidak tahu --" ).

April pertengahan kemarin ( 15 April 2012 seingat saya ), android telah merelease versi terbarunya, ICS ( Ice Cream Sandwich ) 4.0 Official Nordic untuk beberapa tipe Sony Erricson Xperia, yaitu Xperia Arc S, Xperia Ray, dan Xperia Neo V. Cara upgradenya pun masih melalui cara Flashtool, mungkin buat yang sudah lama megang hape android sudah tahu cara flashing - flashing. Menurut berita di Mbah Google, akan di susul di kemudian bulan pada tipe Soner Xperia Mini Pro, dan beberapa tipe lainnya. Dan, kurang lebih 2 minggu setelah keluarnya Nordic Official, Xperia 2011 telah dapat ICS 4.0 Official Indonesia.

Di sini saya akan membahas mengenai cara Rooting untuk Xperia 2011 yang telah mengupgrade OS Androidnya ke ICS Official Nordic maupun Indonesia. Sekali lagi, buat Xperia 2011 yang upgrade ke ICS...... 

Silahkan backup terlebih dahulu data anda ( sms, contact, foto, dan lain - lain ) untuk menghindari hal yang tidak dikehendaki.

Telah di uji coba 2 kali pada Xperia Ray ( ST18i ) ICS 4.0.3 Official Indo. Alhamdulillah lancar sentosa. . . . Mudah - mudah buat yang lain juga lancar.
 
NB : Selain pengguna Xperia Ray ( ST18i ), mohon tutorial di atas ditanyakan terlebih dahulu kepada ahli sesama pengguna Tipe Hape seperti milik anda sekalian. Atau langsung saja mencari informasi dari grup FB atau twitter/ thread kaskus Official tipe Hape Anda.
 
Berikut tutorialnya :

Bahan :
2. Adb Driver 
3. HP Xperia 2011 ICS 4.0 Official
4. Kesabaran dan Ketabahan Hati

Langkah Kerja :
1. Install Adb Driver sesuai dengan tipe Hape Anda di komputer/ laptop( kalo sudah install flashtool, di c:/flashtool/driver , juga sudah disediakan jadi tidak perlu download 2 kali).
2. Extract file Zip Doomlord Easy Rooting di C;/, untuk memudahkan instal saja di desktop ( tapi folder file tidak bisa dihapus kalau nggak salah ).
3. Di Hape Anda, aktifkan USB Debug ( masuk Setelan ( Setting ) - Opsi Pengembang ( Developer Option )  - USB Debug di centang ), dan  Sumber tak di kenal/ Unknown Source ( masuk Setelan ( Setting ) - Keamanan ( Security ) - centang Sumber Tak Dikenal/ Unknown Sources ).
4. Ubah waktu layar mati minimal 10 menit, untuk jaga - jaga mending di atur 30 menit ( masuk Setelan - Tampilan - Tidur ( -_-" )  - ganti 10/ 30 menit ).
5. Colokan kabel USB ke komputer/ laptop anda sebagai media Install.
6. Kembali ke file yang sudah di extract dari Doomlord easy tool ZIP, jalankan runme.bat. Ikuti langkah yang diperintahkan pada cmd ( command prompt ) runme.bat.
7. Tunggu proses berjalannya rooting, akan 3 kali reboot otomatis ( itu normal, kalaupun lebih silahkan anda berdoa sesuai agama masing - masing --" ).
8. Dan di cmd ( command prompt ) runme.bat, akan muncul kalimat All Done. :-). Selamat, Hape anda sudah melepas masa lajangnya. . . .

Sekian tutorial yang saya ambil dari group Xperia Ray di Facebook. Kalaupun ada yang ingin di tanyakan, khususnya pengguna Xperia Ray ( ST18i ) silahkan langsung bergabung saja ke grup di Facebook ataupun ke thread Kaskus Beta ( sudah nggak pernah update ).

Semboyan Mastah - Mastah Dewa Oprek "Do This At Your Own Risk!!!"


refferensi : 

5 komentar:

  1. ternyata dah bisa di root ! Makasih infonya :D

    BalasHapus
  2. gan xperia mini pro bisa ndak ya? mau coba tapi takut

    BalasHapus
  3. kurang tau juga bro. . .
    coba tanya di http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=13173272
    link official XMP tuh

    BalasHapus
  4. sob, ketika abis di root kelar. trus diapain ya? maksudnya buat pindahin program yang ada di phone memory ke sd card

    soalnya ini blom ada super usernya?

    BalasHapus
  5. kalo mau mindahin aplikasi dari memory hape tinggal ke SD card, kayaknya bisa pake aplikasi app2SD...
    tersedia di playstore terdekat. . .
    tapi gak semua aplikasi bisa di pindah ke Sd card lho,,

    BalasHapus