Selasa, 06 Desember 2011

Bersyukur??

 
Selamat malam kawan bloggers. . .

Sekian hari berganti hari saya hanya update 1 sampai 2 kali saja, maklum lagi sibuk dan nggak sempat buat posting. Bukan karena itu juga :lol: sebenarnya nggak ada bahan buat isi postingannya.

Ehm,, kali ini saya akan membahas mengenai " Bersyukur ". Entah kenapa saya hari ini berfikir mengenai kata berikut. Padahal tidak ada angin mamiri, bahkan tidak ada angin topan sekalipun. 

Bersyukur, ya 1 kata ini mempunyai arti yang sangat dalam bagi kehidupan umat beragama. Pernahkah anda bersyukur selama anda hidup didunia? Berapa kali anda melakukannya? Jika masih bisa dihitung dengan jari, berarti anda belum sepenuhnya mensykuri apa yang telah anda dapat. Bersyukur, bisa di bilang merupakan ungkapan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa yaitu Allah SWT bagi umat Islam atas segala sesuatu yang telah diberikan oleh-Nya. Itu menurut saya bloggers, bukan sebagai arti yang sebenarnya hanya kiasan belaka. Mungkin intinya juga seperti itulah, 11:12 sama arti sebenarnya :lol:

Sebagai contoh saja ya,, pernahkan anda mengalami suatu musibah yang fatal? Misal, anda selamat dari musibah jembatan KUKAR ( Kutai Kartanegara ) yang saya dengar beberapa hari yang lalu roboh. Padahal anda baru saja lewat jembatan tersebut. Apa yang anda lakukan melihat hal itu? Menyalahkan pembangun jembatan sambil marah - marah tidak jelas? menurut saya, itu kurang kerjaan. Atau bahkan hanya melihat di pinggir sungai Mahakam untuk melihat keadaan jembatannya, dan upload foto? Itu semakin tidak penting.

Seharusnya anda bersyukur dengan selamatnya anda dari tragedi tersebut. Bersyukur bukan berarti dengan mengadakan selamatan, pesta pora dan lain sebagainya yang menghambur - hamburkan uang.

Jujur, saya sendiri pernah mengalami musibah yang menurut saya bisa membahayakan diri saya. Namun apa yang saya lakukan, saya hanya diam dan tidak berbuat apa -apa. Dan sekarang, ketika mengingat hal itu ( bayangkan, anda di body/ di senggol sama pick up hingga pindah jalur yang seharusnya di kiri sampai pindah ke trotoar sebelah kanan ), saya masih merasa takut seperti. . . . bisa dibilang trauma sesaat lah. Bersyukur, sekian lama terjadi bersyukur baru saya lakukan. Itu pun juga saya lakukan sewaktu - waktu kalau ingat :lol ( berbahaya, jangan ditiru dirumah ) wkwkwkw. . .

Cukuplah curhat dari saya, hehe. . . maaf numpang curcol dikit. . .
Tadi saya iseng - iseng mencari artikel Pengertian dari Bersyukur. Mungkin bisa menambah wawasan mengenai kata Bersykur dalam kehidupan kita. Sudah terlalu panjang kali yah pembukaannya. Berikut ulasannya, silahkan disimak : ;-)

Definisi Syukur :
Memuji, berterima kasih dan merasa berhutang budi kepada Allah atas karunia-Nya, bahagia atas karunia tersebut dan mencintai-Nya dengan melaksanakan ketaatan kepada-Nya.

Kewajiban Bersyukur :
“Hai orang-orang yang beriman, makanlah diantara rizki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepadaNya kamu menyembah.” (QS. Al Baqarah: 172).
 “Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari-Ku.” (QS. Al Baqarah: 152)

Mengapa Harus Bersyukur :
“Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.” (QS. An Nahl: 78)

Manfaat Bersyukur :
“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7)

Cara Bersyukur :
“Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena 
Tuhanmu; dan berkorbanlah.” (QS. Al Kautsar : 1-2)

Ancaman bagi yang Tidak Bersyukur:
“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7)

Namun, pada kenyataannya…………………………………………………….

Kebanyakan Manusia Tidak Bersyukur :
“Dan ketika Kami (Allah) memberikan nikmat kepada manusia, ia memalingkan muka dan bersikap angkuh, dan ketika ia ditimpa keburukan ia berputus asa.” (QS. Al Isra’ : 83)

Dari kehilangan kita belajar ikhlas, dari kebahagiaan kita belajar bersyukur, dan dari cobaan permasalahan kita belajar sabar....

Demikian bahasan saya mengenai Bersyukur, semoga bermanfaat bagi blogger dan pembaca lainnya yang menyempatkan waktu untuk membaca posting saya yang mungkin kurang bermanfaat ( bukan kuran, emang tidak bermanfaat :lol:). 


refferensi : DhyaTheAdventure

Tidak ada komentar:

Posting Komentar