Senin, 27 September 2010

PTMB Universitas Nusantara PGRI Kediri

PTMB merupakan singkatan dari Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru sebagai pengganti dari OSPEK ( Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus ) yang di adakan oleh UNP ( Universitas Nusantara PGRI) Kediri mulai dari Pra-PTMB pada tanggal 20 September 2010 dan mulai PTMB pada tanggal 22-25 September 2010 berjalan dengan lancar. Tidak seperti Orientasi dahulu yang masih menggunakan kekerasan untuk mendidik Maba ( Mahasiswa Baru )-nya menjadi lebih dewasa. PTMB sangat mengarah ke materi. Tidak ada sedikitpun menyentuh yang namanya kekerasan terhadap Mahasiswa Baru.

 Pukul 13.00 WIB tanggal 20 September 2010, semua Mahasiswa Baru di kumpulkan di lapangan belakang atau yang terletak di depan Gedung J ( Gedung Fakultas Tehnik ) secara berkelompok untuk di berikan pengarahan mengenai PTMB yang akan di adakan oleh UNP Kediri dan juga Sambutan dari Rektor Universitas Nusantara Kediri yaitu Bapak Drs. Samari, SE, M.M , serta pengenalan Dosen dan Dekan yang menjabat di Universitas tersebut.





Setelah pengarahan PTMB Universitas, para Mahasiswa Baru di bawa oleh pendamping masing-masing kelompok memasuki ruangan yang telah di sediakan. Disana Mahasiswa Baru di berikan pengumuman mengenai barang bawaan, pakaian, atribut serta bekal yang harus di bawa oleh semua Mahasiswa Baru untuk mengikuti PTMB Jurusan atau Prodi ( Program Studi ) yang di ikuti. Setiap Prodi mempunyai perbedaan dalam hal bekal, atribut dan pakaian yang di gunakan. Mahasiswa Baru di pulangkan pukul 17.15 WIB. 
Tanggal 21 September 2010 Maba di liburkan untuk mencari barang-barang yang di bawa pada PTMB.

Pukul 07.00 WIB tanggal 22 September 2010, Maba menuju ke tempat yang telah di tunjukkan oleh Panitia PTMB. Karena saya Maba dari Fakultas Tehnik, jadi saya menceritakan pengalaman saya mendapat tempat di Yonif 521 dekat Lapangan Brawijaya markas dari Macan Putih ( Persik Kediri ). Hari pertama di sana sangat membosankan karena mulai jam 07.00 yang di awali dengan upacara pembukaan PTMB Jurusan ( PTMB Jurusan pada tanggal 22-23 September 2010 di Yonif 521 ), setelah itu memasuki ruangan ( Aula Yonif 521 ) yang di sediakan panitia PTMB mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB untuk mendengarkan berbagai pengarahan dari Pejabat-pejabat di Fakultas Tehnik. Untungnya hanya setengah hari, kalau hingga sore sudah pasti semua Maba akan tidak betah dengan situasi itu. Karena tempatnya yang sangat sempit. Di atas Kelompok saya kipas anginnya di matiin lagi, jadi tambah penderitaannya ( dapat nilai ++ ).

Pukul 07.00 WIB tanggal 23 September 2010, Maba di anjurkan untuk datang tepat waktu karena kemarin banyak sekali yang terlambat. Walaupun begitu, penulis pun juga ikut terlambat pada hari itu, hehe... Maklum namanya juga manusia. Terlihat dari luar ( karena yang terlambat tidak boleh masuk dulu ) semua Maba berbaris seperti kemarin dengan memakai kaos olahraga serta celana training yang sesuai dengan pengumuman kemarin. Setelah pendataan yang cukup lama, akhirnya Maba yang terlambat di perbolehkan untuk masuk ke kelompoknya masing-masing. Setelah itu, Maba di giring menuju tempat anggota Tentara melakukan Olahraga. Semua di coba oleh para maba, mulai dari lompat indah ( lompat kayu ), sampai yang merangkak-merangkak. Dan juga ada berbagai lomba yang di adakan oleh Panitia. Penderitaannya belum selesai buat Maba yang di pilih ketua kelompok dan yang terlambat datang tadi. Keduanya di kumpulkan di Kolam dimana juga merupakan tempat latihan berjalan di tali yang ada di atas kolam. Semuanya di suruh melewatinya baik itu perempuan maupun laki-laki. Namun Maba yang tidak ikut harus menjeburkan diri ke dalam kolam agar sama-sama basah dengan yang terjebur saat melewatinya.

Setelah itu Maba di kumpulkan kembali ke Aula Yonif 521 untuk melakukan penutupan PTMB Jurusan dan membahas tentang yel-yel serta jinggel XL yang di berikan oleh panitia untuk meriahkan PTMB hari terakhir ( Sabtu, 25 September 2010 ). Pukul 04.15 WIB semua Maba di pulangkan. 

Tanggal 24-25 September acara hampir sama yaitu pengarahan dari pejabat-pejabat Universitas Nusantara PGRI Kediri. Bedanya, pada tanggal 25 September 2010 di campur dengan acara hiburan berupa persembahan nyanyian dan lain sebagainya dari para Maba. Semua Maba ada yang menyanyi dan ada pula yang ikut bergoyang. 24 September 2010 acara di mulai pukul 13.00-19.15 WIB, sedangkan pada 25 September 2010 mulai 07.00-21.00 WIB. Acara terakhir sangat meriah sekali dan tidak ada anarkis dari Maba maupun dari Panitia.

Sekian cerita saya mengenai PTMB UNP ( Universitas Nusantara PGRI ) Kediri. Maaf karena saya hanya dapat menceritakan pada Fakultas Tehnik, karena tempatnya berbeda sangat jauh. Sehingga tidak bisa mengetahui apa apa saja yang terjadi pada teman-teman saya yang berbeda Fakultas. 

UNP. . . .  Jaya!! Mahasiswa.. . .  Sejahtera!!  




 

2 komentar: